Mariii.. Mengenal Ms.Excel 2007 secara singkat!
Interface Ms. Excel 2007
Saat kamu menjalankan program Excel, ada hal yang
mendasar yang perlu kamu ketahui dalam Excel. Layar atau halaman Excel disebut
sebagai workbook atau buku kerja. Dan setiap workbook memiliki sheet atau
lembar kerja. Hal ini hampir sama dengan istilah dokumen dan halaman dalam
Microsoft word. Selain itu halaman Excel terdiri dari kolom dan baris. Jumlah
kolom setiap sheet dimulai dari A-IV, sedangkan jumlah baris terdiri dari 65536
baris. Pertemuan antara kolom dan baris dinamakan sel (cells), sehingga setiap
sel diberi nama sesuai dengan nama kolom dan barisnya. Misalkan, sel yang
terbentuk dari pertemuan kolom A dan baris 10, maka dinamakan sel A10 dan
seterusnya.
Mengenal Operator pada Ms. Excel 2007
Operator
adalah jenis operasi yang biasa digunakan dalam sebuah perhitungan. Dalam
matematika kamu telah mengenal penjumlahan, pengurangan perkalian dan
sebagainya. Dalam program Excel juga memiliki operator yang biasa digunakan
dalam ilmu matematika.
Adapun
beberapa perbedaan antara operator dalam Excel dan matematika adalah:
Setiap
kamu membuat perhitungan yang melibatkan operator, kamu harus memperhatikan
jenis data yang akan dihitung tersebut. Didalam Excel terdapat 2 jenis data,
yaitu jenis data HURUF (string) dan ANGKA (numeric). Jika ada data yang terdiri
dari angka dan huruf, maka data tersebut dikategorikan sebagai data STRING. Excel
tidak bisa menghitung 2 operand yang memiliki tipe data yang berbeda.
Mengenal Fungsi atau Rumus Ms.Excel 2007
Setelah memulai menggunakan aplikasi excel, sekarang aku coba bahas rumus excel yang sering digunakan.
1.
Fungsi Average
Fungsi
ini digunakan untuk mencari nilai rata-rata dari sekumpulan data (range).
Bentuk umum penulisannya adalah ;
=AVERAGE(number1,
number2,…), dimana number1, number2, dan seterusnya adalah range data yang akan
dicari nilai rata-ratanya. Misalnya untuk mengisi nilai rata-rata dari range
data E8 sampai G8, maka rumusnya adalah =AVERAGE(E8:G8) kemudian tekan tombol Enter.
2.
Fungsi Sum
Fungsi
SUM digunakan untuk menjumlahkan sekumpulan data pada suatu range. Bentuk umum
penulisan fungsi ini adalah =SUM(number1, number2,…). Dimana number1, number2
dan seterusnya adalah range data yang akan dijumlahkan. Misalnya untuk menjumlahkan
range data E8 sampai G8, maka rumusnya adalah =SUM(E8:G8) kemudian tekan tombol
Enter.
3.
Fungsi Max
Fungsi
ini digunakan untuk mencari nilai tertinggi dari sekumpulan data (range).
Bentuk umum penulisannya adalah ;
=MAX(number1,
number2,…), dimana number1, number2, dan seterusnya adalah range data (numerik)
yang akan dicari nilai tertingginya. Misalnya untuk mencari nilai maksimal dari
range data E8 sampai G8, maka rumusnya adalah =MAX(E8:G8) kemudian tekan tombol
Enter.
4.
Fungsi Min
Fungsi
Min adalah kebalikan dari fungsi Max, jika fungsi Max untuk mencari nilai
tertinggi atau maksimal maka Min adalah untuk mencari nilai terkecil atau
minimum dari sekumpulan data numerik. Bentuk umum penulisannya adalah ;
=MIN(number1,
number2,…), dimana number1, number2, dan seterusnya adalah range data (numerik)
yang akan dicari nilai tertingginya. Sebagai contoh untuk mencari nilai
terendah dari range data E8 sampai G8, maka rumusnya adalah =MIN(E8:G8)
kemudian tekan tombol Enter.
5.
Fungsi Count
Fungsi
Count digunakan untuk menghitung jumlah data dari suatu range yang kamu pilih.
Bentuk umum penulisannya adalah ;
=COUNT(number1,
number2,…), dimana number1, number2, dan seterusnya adalah range data (numerik)
yang akan dihitung jumlah datanya. Sebagai contoh untuk menghitung jmlah data
dari range data E8 sampai G8, maka rumusnya adalah =COUNT(E8:G8) kemudian tekan
tombol Enter.
6.
Fungsi Logika IF
Fungsi
ini digunakan jika data yang dimasukkan mempunyai kondisi tertentu. Misalnya,
jika nilai sel A1=1, maka hasilnya 2, jika tidak, maka akan bernilai 0.
Biasanya fungsi ini dibantu oleh operator relasi (pembanding) seperti berikut:
Lambang
Fungsi
= Sama dengan
< Lebih kecil dari
> Lebih besar dari
<= Lebih kecil atau sama dengan
>= Lebih besar atau sama dengan
<> Tidak sama dengan
Bentuk
umum penulisan fungsi ini adalah ;
=IF(logical_test,value_if_true,value_if_false),
artinya kalau ekspresi logika (logical_test) bernilai benar, maka perintah pada
value_if_true akan dilaksanakan, jika salah, maka perintah pada value_if_false
yang akan dilaksanakan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar